Pages

Persiapan Sebelum Install Komputer


Install komputer mungkin bukanlah hal yang penting yang harus dikuasai setiap orang, dan bagi sebagian besar orang yang tidak memiliki waktu cukup dan sibuk dan memiliki kelebihan uang mungkin bukanlah hal penting karena tinggal meminta bantuan pada orang yang menyediakan jasa Install dan service komputer.

Tapi saya yakin diantara sekian banyak orang apalagi masih tingkat remaja (biasanya laki-laki) senang dengan memiliki kemampuan install komputer, seperti yang pa'e rasakan saat masih muda dulu.

Kali ini saya hanya berbagi tips bagi Anda yang kebetulan mampir di blog ini yang hobby dalam merakit penguasaan komputer tapi masih pemula, jika artikel ini tidak penting bagi Anda, berarti Anda sudah tingkat mahir dalam penginstallan komputer.


Oke, kita lanjutkan tipsnya:

Pertama

Sediakan Operating System (OS), Sistem operasi ini adalah software yang wajib ada pertama kali di komputer, sebab tanpa sistem Operasi komputer secanggih apapun tidak bisa di gunakan. Macam-macam  

System Operasi (OS)

  • Windows (Windows 95, 98, 2000, NT, Vista, Windows 7, Windows 8)
  • Linux (saya kurang tahu macam-macamnya)
  • Max OS  dll.


Kedua

Sediakan Driver MotherBoard (biasanya sudah ada satu paket dengan komputer), didalamnya ada driver VGA, Sound Card, LAN, Wifi (kalo ada), Chipset, Camera dll). Tanpa driver-driver tersebut komputer walau bisa digunakan akan membuat anda jengkel. Bagi yang driver VGA, Sound, Chipset, LAN, dsb, tidak tersedia dari toko pembeliannya saat membelinya. lihat dulu di komputernya masing-masing agar tidak sulit mencari merk perangkat-perangkat tersebut,

Caranya:
KlikStart >> Klik kanan pada my Computer >> Klik Properties >> Klik Device Manager >> pada dialog box tersebut muncul segala merk perangkat yang ada di komputer kita. catat nama driver VGA, Sound, Chipset, LAN, dsb agar kita mudah mencari dan mendownloadnya di internet.

Ketiga

Sediakan Software Aplikasi yang Anda butuhkan, Contohnya:
  • Untuk mengetik Ms. Office
  • Software Grapic >> Adobe Photoshop, Corel Draw, 3Dmax, Ilustrator dll
  • Software Multimedia >> Winamp, KMPlayer, Power DVD, JetAudio
  • Software Internet >> firefox, Opera, YahooMasanger, Flash Player dll
  • Antivisrus >> Avira, Kasversky, Avast, Norton, Smadav dll
       (banyak lagi software lain, tergantung kebutuhan Anda)

Jika Anda yakin semuanya sudah lengkap berarti Anda siap menginstall komputer Anda. Jika Komputer tidak kenapa-napa gak usah repot2 diinstall.

Ada lagi cara install lebih cepat menggunakan gosht (nanti akan saya posting).
Jika Komputer Anda tidak ada CDRoomnya Anda bisa Install komputer dengan menggunakan FlashDisk silahkan baca artikel install Komputer dengan flashdisk.

Ya itu mungkin sebagian yang musti harus disiapkan saat mau install komputer. Mudah-mudahan bermanfaat. Jika Sobat memiliki tips lain silahkan di tambahkan komentar di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts